Kamis, 22 Juli 2010

Pusat Kerajinan Balikpapan

Bukan perkara sulit mencari oleh-oleh dan kerajinan di Balikpapan. Anda cukup mendatangi Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan “Pasar Kerajinan” yang menjual berbagai hasil kerajinan tangan khas Kota Balikpapan.
Di pasar tradisional kebanggakan warga Balikpapan ini anda dapat menemukan kerajinan tanggan seperti  manik-manik dan batik dengan motif “ampik”, Perhiasan dan Aksesoris Wanita seperti gelang, kalung,  anting, cincin, bros, dll yg terbuat dari batu-batuan permata dan juga kerajinan tradisional “Dayak” lainnya (mandau dan senjata lainnya).

Pasar kerajinan ini juga berdampingan dengan pasar oleh-oleh untuk buah-buahan dan juga makanan khas Balikpapan seperti Amplang dan makanan kering lainnya yang akan melengkapi koleksi oleh-oleh anda untuk kerabat dan keluarga di rumah. 
Pasar Kebunsayur sangat terkenal dengan batu permata dan batu semi mulia, dan pelanggan negara asing maupun lokal secara teratur mengunjungi pasar kebunsayur untuk membeli perhiasan dan barang kerajinan tangan lainnya. Yang paling terkenal di antara perhiasan yang di perjual belikan adalah batu permata, seperti batu akik, kecubung, opal, topaz, dan pirus.
Batik Sasirangan, batik sutera dan Kalimantan “Saho” tersedia di toko-toko seperti Kumalasari Shop, seringkali ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan yang tersedia di daerah pusat ritel. Sasirangan dan “Saho” batik mulai harga Rp 75.000, sedangkan yang paling mewah berbagai batik sutera dijual Rp 500.000.
 Pasar Inpres Kebunsayur menjadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi saat bertandang di kota Balikpapan, berbagai macam oleh-oleh khas yang kebanyakan bercorak Dayak disediakan di tempat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar